Pengurusan Api dan Nik

Thursday, September 21st 2017. | Jasa API dan NIK

Bagi pengusa impor maupun ekspor pasti tidak asing lagi dengan API dan NIK, dua hal tersebut wajib dimiliki oleh para pengusaha. Untuk mendapatkan API dan NIK anda bisa menggunakan jasa pembuatan API dan NIK, apalagi jika anda sibuk dalam aktifitas dan bisnis sehari hari.

jasa Pengurusan api dan nik di jakarta

pengurusan api dan nik

pengurusan api dan nik

Hal yang paling penting yang harus anda siapkan adalah persyaratan dan berkas berkas lengkap untuk memenuhi pembuatan API dan NIK.

API merupakan angka pengenal impor yang harus dimiliki oleh pengusaha atau pebisnis importer, hal ini digunakan oleh pemerintah untuk menertibkan impor guna melaksanakan kebijakan perdagangan luar negeri, perusahaan yang mendapatkan API tidak memiliki wewenang secara bebas, semua sudah tercantum dalam perundang undangan yang berlaku.

Sedangkan NIK adalah nomor identitas kepabeanan, yang mana merupakan nomor pribadi suatu perusahaan yang berguna untuk mengakses dan berhubungan dengan sistem kepabeanan yang menggunakan teknologi informasi dan manual.

Persyaratan Jasa Pembuatan API & NIK

Tidak perlu khawatir untuk mengurus API dan NIK, anda bisa menggunakan jasa pembuatan API dan NIK, yang paling penting persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, seperti syarat syarat pembuatan API dibawah ini :

Foto copy KTP dan NPWP pengurus perusahaan, bisa direksi atau komisaris
Foto copy akta pendirian, serta perubahan terakhir perusahaan, juga SK pengesahan kehakiman.
Foto copy bukti kepemilikan kantor, siapkan sertifikat jika kantor milik pribadi dan jika kantor bukan milik pribadi maka sertakan surat sewa
Foto copy surat keterangan domisili kantor
Foto copy SIUP dan TDP perusahaan
Foto copy SKT, NPWP, dan SPPKP perusahaan
Pas foto penanggung jawab atau pimpinan dari perusahaan dengan ukuran 3X4 sebanyak 3 lembar dengan background warna merah
Surat referensi Bank asli yang ditujukan kepada kepala DPMPTSP profinsi DKI Jakarta yang digunakan untuk keperluan mengurus API
Foto kantor yang menggambarkan ruangan kerja diserta papan nama perusahaan
Kop surat serta stempel perusahaan

Read More : Pengurusan Izin Nomor Pengenal Importir Khusus (NPIK)

Persyaratan jasa pembuatan API dan NIK memang sangat penting dan wajib untuk dipenuhi, sedangkan untuk persyaratan yang harus dipenuhi dalam pembuatan NIK antara lain :

Siapkan akte pendirian perusahaan serta SK dari hakim
Siapkan akte perubahan perusahaan yang paling akhir serta SK dari hakim
Surat keterangan domisili perusahaan yang masih berlaku
Kartu NPWP perusahaan
SKT atau surat keterangan terdaftar NPWP
Siapkan SPPKP atau dikenal sebagai surat pengukuhan pengusaha kena pajak
TDP perusahaan
API atau angka pengenal importer yang sudah dilegalisir
NIK bea cukai yang lama atau SRP yang lama jika ada perubahan
KTP dan NPWP direksi
KTP dan NPWB kuasa direksi
Contoh salah satu nama barang yang akan diimporkan atau juga yang akan di ekspor serta HS barang
Laporan keuangan perusahaan yang terakhir
Komponen pembukuan perusahaan yang meliputi jurna pembelian, jurnal pengeluaran, kas, buku besar, general jurnal, subsidiary ledger, dan general ledger.
Rekening Koran

Dan perlu diketahui walaupun anda menggunakan jasa pembuatan API dan NIK anda perlu mengetahui biaya yang dikeluarkan dan waktu pengerjakan yang dibutuhkan. Untuk biaya pengurusan API membutuhkan biaya kurang lebih Rp 3.500.000 dengan proses waktu 10 hingga 15 hari. Sedangkan untuk pembuatan NIK adalah 10 hari kerja dengan penerbitan 30 hari kerja, biaya gratis namun jika menggunakan jasa maka anda bisa merundingkannya dahulu.

tags: , , , , ,

Artikel lain Pengurusan Api dan Nik